Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

Apa Yang Kumoten Lakukan?

Jika Anda melakukan penjualan secara online atau berencana untuk memulai bisnis online, Anda akan memerlukan produk untuk dijual. Tetapi dengan membeli produk-produk tersebut resiko bisnis Anda akan meningkat, terlebih lagi jika Anda perlu mengelola persediaan, pembungkusan dan pengiriman.


Kumoten memungkinkan Anda untuk memulai dan mengelola bisnis online Anda tanpa harus khawatir tentang menyimpan stok produk dan mengelola pengiriman produk. Di Kumoten, Anda dapat memilih produk apa saja untuk dijual dari katalog online kami.


Anda dapat memilih untuk menjual di sosial media, situs web Anda sendiri atau bahkan situs web e-niaga (e-commerce) yang Anda miliki. Setelah pembeli Anda melakukan pembelian, Anda hanya perlu memberitahu kepada kami nama item, kuantitas dan tempat pengiriman. Selain itu, tidak ada kuantitas pesanan minimum dari kami. Kami akan mengirimkan pesanan bahkan hanya satu item.


Kami telah bekerjasama dengan beberapa pemasok yang terbaik di seluruh dunia dalam upaya untuk menciptakan produk online yang menarik, beribu-ribu produk mulai dari fashion, kosmetik, aksesoris mobil, mainan dan lebih lagi yang ditawarkan kepada Anda secara langsung di Kumoten.


Bagian terbaiknya adalah Kumoten tidak menerima komisi dari penjualan Anda. Anda juga dapat memutuskan harga jual dan margin keuntungan Anda. Anda hanya membeli dari kami pada harga distributor.

Apa itu dropshipping?

Dropshipping adalah model pemenuhan penjualan. Dalam model ini, Anda tidak perlu menyimpan stok, tidak perlu khawatir untuk menjaga stok dan mengatur pengiriman produk karena Anda bisa mendapatkan produk langsung dari Kumoten. Dengan ini, Anda dapat fokus pada penjualan dan pemasaran produk. Anda membayar Kumoten dengan harga grosir setelah seseorang membeli dari Anda. Kumoten akan mengirim barang tersebut kepada pembeli Anda. Model ini memungkinkan Anda untuk mengoperasikan bisnis ritel online Anda dengan mudah dan bebas risiko.

Apa manfaat dari menggunakan layanan dari Kumoten ini?

- Menjual produk yang memiliki permintaan yang tinggi tanpa perlu menyimpan atau membuat penghantaran produk.

- Tidak perlu khawatir tentang item yang tidak dapat dijual dan persediaan yang menumpuk. Anda hanya perlu membayar untuk apa yang Anda jual saja.

- Akses ke produk merek ternama dari katalog inventaris besar kami untuk dijual di toko Anda.

- Bebas dari risiko dan manajemen bisnis online.

- Anda dapat berfokus pada hal penting lainnya, seperti menghasilkan penjualan.

Berapa biaya yang diperlukan untuk menggunakan layanan Kumoten?

- Biaya pendaftaran Dropship adalah GRATIS.

- Tidak ada biaya yang dikenakan untuk deposit kredit.

- Kumoten tidak menerima komisi apa pun atas penjualan Anda. Anda juga dapat menententukan margin keuntungan anda sendiri.

- Bebas dari risiko dan manajemen bisnis online.

- Anda hanya bayar untuk apa yang dibeli pelanggan Anda.

- Anda membayar dengan harga grosir meskipun Anda hanya membuat pesanan untuk 1 barang.

Bagaimana dan Dapatkah saya mengekspor informasi produk dan gambar?

Kumoten menyediakan semua harga produk, biaya pengiriman, deskripsi produk, gambar, spesifikasi dan fitur-fitur produk, Anda bebas untuk menggunakan dan menampilkan informasi produk ke dalam website Anda. Setelah menjelajahi katalog produk dan memilih produk yang Anda inginkan, Anda dapat menyalin dan menempelkan informasi item ke situs Anda.

"Tracking Orders" saya?

Anda akan menerima "tracking code" (kode pelacak) dari perusahaan pengiriman untuk melacak pengiriman.

Anda juga dapat masuk ke situs Anda untuk melihat riwayat pembelian dan memperhatikan prestasinya.

Apakah saya perlu membeli produk sebelum saya menjual produk tersebut?

TIDAK. Anda tidak perlu khawatir tentang penyimpanan produk, manajemen persediaan, pembungkusan & pengiriman produk. Semua ini diurus untuk Anda sehingga Anda dapat fokus pada penjualan produk.

Apakah ada batasan pada jumlah produk yang dapat saya pilih dari kumoten?

Tidak ada batasan jumlah produk yang dapat Anda unduh dari katalog ke toko Anda.

Apakah Anda menjamin bahwa semua produk selalu tersedia?

Kami memantau, menyesuaikan, memperbarui stok produk kami dan unit kami setiap minggu, kami juga menyesuaikan tingkat persediaan untuk menjaga ketersediaan produk bagi Anda. Namun perubahan mendadak akan terjadi sesekali, jika hal ini terjadi kami akan menghubungi penjual tentang perubahan stok produk atau alternatif lain.

Haruskah saya mengikuti Harga Jual Yang Disarankan (Suggested Selling Price) yang tercantum di halaman produk?

Di dalam situs Anda, Anda bebas untuk menjual produk kami dengan harga yang menurut Anda terbaik. Kami menyatakan Suggested Selling Price (SSP) yang disarankan supaya Anda mendapatkan gambaran harga jual produk tersebut di pasar luar.

Di mana saya dapat menjual?

Anda dapat menjual di mana saja secara online, termasuk yang berikut ini:

Platform   Contoh
Situs E-ommerce    Lazada, Shopee lain-lain
Sosial Media    Facebook, Instagram, Google Plus, Blog lain-lain
"Web store"     Laman web anda sendiri yang mempunyai "online shopping cart"
Apakah saya perlu menandatangani perjanjian apa pun??

Setelah Anda mendaftar dengan kami, Anda dapat melihat bagian Syarat & Ketentuan (Terms & Conditions) kami bersama dengan Perjanjian Pengguna (User Agreement) selama proses pendaftaran.

Dapatkah saya menentukan harga jual produk?

Ada SSP (Harga Penjualan yang Disarankan) yang ditentukan pada setiap item. Namun, Anda dapat memilih harga jual Anda, pastikan harga Anda tidak terlalu tinggi dari harga pasar agar tetap kompetitif!

Jika & Bagaimana saya harus melakukan pembayaran untuk produk yang ingin saya jual?

Semua pembayaran untuk setiap pembelian akan dipotong dari akun Anda. Anda perlu memastikan bahwa akun Anda memiliki saldo cukup sebelum melakukan pembelian dan pengiriman pesanan.

Bagaimanakah saya tahu jika saya mempunyai kredit yang mencukupi didalam akaun saya?

Informasi saldo akun Anda dapat ditemukan di halaman Dropshipper. Setelah Anda login masuk ke akun Dropshipper Anda, informasi akun akan ditampilkan di dasbor.

Apa yang perlu saya lakukan apabila saya mendapat pesanan?

Login ke akun Dropshipper Anda. Pergi ke katalog produk dan pilih barang yang ingin Anda kirimkan. Setelah check-out, harap isi detail rincian pengiriman secara akurat. Dan itu dia! Kumoten akan mengurus sisanya.

Bolehkah saya melacak Pesanan?

Setiap pengiriman dilengkapi dengan kode pelacakan oleh perusahaan pengiriman. Anda dapat melacak status pengiriman menggunakan sistem pelacakan yang disediakan oleh perusahaan pengiriman.

Berapa lama waktu yang dibuthukan untuk pengiriman?

Jika pembelian dilakukan sebelum tengah hari pada hari kerja, kami akan mengirimkan barang pada hari yang sama dan barang akan tiba di hari berikutnya (Peninsular Malaysia) dan pengiriman ke Sabah dan Sarawak membutuhkan waktu 48 jam.

Produk yang dikirim dari gudang internasional akan diproces dalam jangka waktu 24 - 48 jam. Dalam keadaan normal, barang akan tiba di Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, AS, Inggris dalam 7 - 9 hari. Jadwal pengiriman dan metode pengiriman telah tercantum pada tab informasi "SHIPPING" pada setiap halaman produk. Kode pelacakan dan situs web pelacakan akan disediakan dan diaktifkan dalam 24 - 48 jam setelah waktu pemesanan.

Polisi pembatalan

Anda dapat membatalkan pesanan dengan syarat permintaan pembatalan itu diserahkan sebelum pesanan dikirim pada jam 3 sore dihari yang sama. Permintaan pembatalan harus dikirim melalui e-mail ke: [email protected] atau hubungi Live Chat kami. Biaya Administrasi akan berlaku untuk setiap permintaan pembatalan sebesar RM10 atau 5% dari nilai barang, bergantung pada mana yang lebih tinggi .

Bagaimana dengan GST?

Semua harga kami sudah termasuk GST.

Apa polisi pengembalian produk Kumoten?

Pulangan Produk

Pembeli atau dealer berhak untuk mengembalikan Produk dalam 7 hari sejak tanggal pengiriman, tetapi tidak terbatas pada keadaan berikut:

a) Kerusakan pabrik

b) Item yang salah dikirim


Dengan syarat bahwa pembeli harus (a) "dropshipper" memberitahu layanan pelanggan Kumoten dan (b) mengirim Produk kembali ke Kumoten, pastikan semua didalam kemasan asli dan tidak membahayakan. Dalam kasus itu, dropshipper dapat membuat pilihan diantara pengembalian uang atau membuat penggantian produk.

Membayar atau membuat penggantian tidak akan berlaku untuk situasi seperti berikut:

a) Barang yang tidak sempurna.

b) Kemasan asli hilang

c) Barang apa pun yang telah digunakan atau dimodifikasi

d) Barang yang telah dipakai (untuk kosmetik dan barang-barang pribadi lainnya)


Biaya pengiriman untuk pengembalian barang akan ditanggung oleh pembeli. Jika pembeli meminta untuk membuat penggantian produk, kumoten akan menanggung biaya pengiriman barang tersebut.

Apakah kemasan memiliki Merek / logo Kumoten?

Kemasan tidak akan memiliki merek / logo Kumoten. Bungkusan tersebut hanya berisi informasi utama yang diperlukan untuk pengiriman seperti rincian pelanggan, alamat pengiriman, dan lain-lain. Beberapa Merek akan tiba dengan kemasan nama merek logo asli mereka.

Dapatkah saya memasang logo / merek saya sendiri di paket?

Sejauh ini kami tidak menyediakan logo pribadi atau label putih pada kemasan.


Tolong! Item tidak tersedia / kehabisan stok di katalog! - updated 30 March 2017

Tenang, hal ini terjadi pada waktu yang tidak tertentu. Agent Dropship diminta untuk menghubungi Live Chat Kumoten kami untuk bantuan lebih lanjut atau informasi terbaru mengenai jumlah stok.